header

Dukung Industri Perikanan, Bea Cukai Lhokseumawe Lakukan Group Discussion Dengan Pengusaha Perikanan

Bireun (06/02) – Telah dilakukan Group Discussion dengan pengusaha produk perikanan yang bertempatkan di UD Pangkai Na, yaitu sebuah kelompok usaha perikanan yang merangkul masyarakat Gampong Pante Paku, Jangka di Kabupaten Bireun. Dalam kegiatan ini, Bea Cukai Lhokseumawe langsung menemui Nurmasyitah sebagai pengusaha yang mengelola tempat tersebut dan berdiskusi mengenai usaha yang dijalankannya, seperti bagaimana awal perintisan usaha tersebut sampai kendala-kendala yang ditemui selama pengoperasiannya.

UD Pangkai Na sendiri merupakan suatu jenis usaha yang berorientasi pada produk Ikan Bandeng Tanpa Duri yang mulai beroperasi sekitar tahun 2009. Ikan Bandeng Tanpa Duri ini dibeli dari tambak-tambak ikan sekitar Gampong Pante Paku dan diolah dengan cara manual, yaitu dengan menggunakan pisau untuk membersihkan ikan, melakukan pemisahan tulang dari daging yang kemudian dicuci dan jadilah “ikan bandeng segar tanpa tulang” yang siap digoreng atau dimasak asam keung, selanjutnya dimasukkan plastik ber-label, dibekukan dalam frizer dan siap kirim ke pemesan.
Selama lebih dari 10 tahun berjalan, produknya berhasil mencuri perhatian masyarakat dalam provinsi Aceh, sampai ke Bireun, Banda Aceh, Meulaboh, Lhokseumawe bahkan ada pesanan khusus dikirim ke Medan. Saat ini, UD Pangkai Na sendiri sudah memiliki show room di Matang Glumpang dua (Matang Sagoe) di Jl. Medan – Banda Aceh.

Mengingat letak Kabupaten Bireun sendiri yang berbatasan langsung dengan laut, banyaknya tambak-tambak ikan di Gampong Pante Paku serta pengusaha UD Pangkai Na sendiri yang pernah mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Food And Agriculture Organization dan berhasil menjadi juara pertama dalam lomba pengolahan ikan tingkat provinsi tahun 2011 membuat Usaha Produk Perikanan oleh UD Pangkai Na ini layak untuk dijadikan komoditi ekspor. Harapannya, semoga UD Pangkai Na dapat mengatasi kendala-kendala yang dihadapainya sehingga dapat melebarkan sayapnya ke kancah internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *