header

Profil Kantor

Berdasarkan PMK 188/PMK.01/2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal DJBC, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Lhokseumawe (selanjutnya disingkat sebagai KPPBC TMP C Lhokseumawe) adalah sebuah Instansi Vertikal dibawah Kantor Wilayah DJBC Aceh yang mempunyai tugas melaksanakan pengawasan dan pelayanan di bidang kepabeanan dan cukai dalam daerah wewenang bersangkutan berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Dalam melaksanakan tugasnya, KPPBC TMP C Lhokseumawe menjalankan fungsi :

  1. pelayanan teknis di bidang kepabeanan dan cukai;
  2. pelaksanaan pemberian perijinan dan fasilitas di bidang kepabeanan dan cukai;
  3. pelaksanaan pemungutan dan pengadministrasian bea masuk, cukai, dan pungutan negara lainnya yang dipungut oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai;
  4. pelaksanaan intelijen, patroli, penindakan, dan penyidikan di bidang kepabeanan dan cukai;
  5. penerimaan penyimpanan, pemeliharaan dan pendistribusian dokumen kepabeanan dan cukai;
  6. pelaksanaan pengolahan data, penyaJ ian informasi dan laporan kepabeanan dan cukai;
  7. pengelolaan dan pemeliharaan sarana operasi, sarana komunikasi, dan senjata api;
  8. pengawasan pelaksanaan tugas dan evaluasi kerja; dan
  9. pelaksanaan administrasi Kantor Pengawasan dan Pelayanan.

Beralihnya penekanan fungsi dan misi DJBC dari Pemungut Pungutan Negara menjadi Pemfasilitasi Perdagangan membuat KPPBC TMP C Lhokseumawe pada saat ini dan di masa depan harus mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat umum yang bercirikan save time, save cost, safety, dan simple. Semua ciri tersebut harus menjadi bagian yang integral dari sistem dan prosedur kepabeanan pada KPPBC TMP C Lhokseumawe.

Keinginan dan tuntutan dari para pengguna jasa untuk mendapatkan pelayanan yang prima transparan dan akuntabel adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi, dan sudah menjadi kewajiban moral bagi Bea dan Cukai untuk melakukan berbagai perubahan, simplifikasi dan sekaligus transparansi sistem dan prosedur kepabeanan, serta pengembangan kualitas sumber daya manusia, sehingga diharapkan nantinya terdapat suatu keselarasan dengan jiwa dan kepentingan dari UU Kepabeanan itu sendiri.

Dengan demikian KPPBC TMP C Lhokseumawe akan tetap terus berusaha, berdoa dan bertekad melanjutkan reformasi birokrasi, mengemban dan menjunjung tinggi tugas mulia demi kepentingan Bangsa dan Negara.

Bea Cukai, Makin Baik!