Jl. Iskandar Muda No.17, Lhokseumawe, Nanggroe Aceh Darussalam 24351

WhatsApp Image 2020-10-07 at 09.54.36

Kronologis Penggagalan Penyelundupan 60 Kg Sabu dalam Kemasan Teh Cina

Banda Aceh (07/10) – Telah dilaksanakan Konferensi Pers Pengungkapan Penyelundupan 60 kg Sabu dalam Kemasan Teh Cina di Perairan Lhokseumawe oleh Kapolda Aceh, Kakanwil Bea Cukai Aceh dan Kepala Bea Cukai Lhokseumawe. Konferensi Pers ini diadakan atas penggagalan penyelundupan 60 kg sabu yang dilakukan pada hari Rabu (30/09) lalu di Desa Blang Awe, Syamtalira Bayu, Kota Lhokseumawe dengan kronologi sebagai berikut:

  • Pada minggu ketiga dan keempat Bulan September 2020, Kanwil DJBC Aceh dan KPPBC TMP C Lhokseumawe telah mendapat informasi dari Dit. Narkoba Polda Aceh bahwa akan ada pemasukan narkotika melalui jalur laut di perairan Lhokseumawe dan Aceh Utara. Atas informasi tersebut dan mendukung giat ops maka, telah dikerahkan Kapal Patroli BC30004 dari Pangsarop TBK dan Kapal Patroli BC15021 dan BC15036.
  • Selanjutnya pada hari Rabu tanggal 30/09/2020, berlokasi di KPPBC TMP C Lhokseumawe, personil Dit. Narkoba Polda Aceh melakukan konsolidasi kembali rencana giat ops. Atas konsolidasi tersebut dibentuk tim darat dan tim laut yang melibatkan Polda Aceh, Kanwil DJBC Aceh dan KPPBC TMP C Lhokseumawe. Untuk dukungan laut, kembali diterbitkan Surat Perintah Berlayar dr BC Lhokseumawe nomor SPB-06/WBC.01/KPP.MP.04/2020 dan Surat Perintah Patroli nomor PRIN-32/WBC.01/KPP.MP.04/2020 dengan Kapal Patroli BC15036. Dalam kegiatan patroli laut, 3 personil Polda Aceh turut serta on board di kapal patroli BC15036 dan titik berangkat dari Pelabuhan Umum Krueng Geukuh pukul 12.00 Wib. Tim darat BC Kanwil Aceh dan BC Lhokseumawe juga memback up tim Dit. Narkoba Polda Aceh.
  • Pada tanggal 30/09/2020 pergerakan tim darat gencar dilakukan dan tim gabungan Polda Aceh, Kanwil DJBC Aceh, dan Kantor Bea Cukai Lhokseumawe, setelah melakukan pemantauan di sekitar Kuala gedong, tim bergerak mengikuti sebuah mobil menuju daerah Syamtalira Bayu. Sekira pukul 20.30 wib di Desa Blang Awe, dilakukan penindakan di sebuah bangunan rumah dan berhasil diamankan satu orang laki laki inisial “M” umur sekitar 35 Th dan 4 karung = 60 bks berisi kristal putih (methampetamine). Pengembangan lebih lanjut berhasil diamankan kembali seorang laki-laki inisial “A” umur sekitar 55 Thn.
  • Atas temuan tersebut, barang bukti kemudian dibawa ke Kantor Bea Cukai Lhokseumawe dan selanjutnya untuk dilakukan serah terima barang ke Dit. Narkoba Polda Aceh.

Pelaku diduga melanggar Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.Safuadi, Kakanwil Bea Cukai Aceh mengungkapkan bahwa atas penindakan sabu ini, Tim Gabungan Bea Cukai Kanwil Aceh, Bea Cukai Lhokseumawe dan Diretresnarkoba Polda Aceh ini setidaknya telah menyelamatkan lebih dari 240.000 (dua ratus empat puluh ribu) anak bangsa dari penyalahgunaan narkotika.

Penindakan ini merupakan bukti keseriusan pemerintah dalam melindungi masyarakat Indonesia dari ancaman narkotika. Bea Cukai berharap agar masyarakat dapat turut berperan aktif dalam menginformasi kepada pihak yang berwenang jika menemukan kegiaran mencurigakan khususnya terkait peredaran gelap narkotika.

 

 

 

 

Share this article.
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments